Merawat Mobil

Merawat Mobil

Yang namanya kendaraan harus dirawat. Jangan hanya dipakai untuk memenuhi kemudahan Anda mencapai lokasi tertentu, tetapi tampilan juga harus mendapat perhatian. Jika Anda ingin melihat mobil berkilau dan bercahaya seperti kendaraan baru, ada tips untuk Anda.
Ada beberapa tahap prosedur sederhana dari yang bisa mengubah mobil kusam menjadi tampak bagus:
1.    Mencuci
Ini langkah awal paling penting dari keseluruhan proses. Jika Anda ingin mobil Anda terlihat bersih, pastikan mencuci mobil tiap 15 hari. Cuci dengan tekanan tinggi dapat menghilangkan semua kotoran, debu, bekas air, dan sisa garam, terutama di area di balik pengecoran, seperti di antara roda, di bawah bumper, dan lain-lain.
Sebelum lanjut dengan tahap berikutnya, pastikan Anda membersihkan semua kotoran dari permukaan mobil, jika tidak maka goresan akan muncul di bodi mobil jika permukaan berdebu menumpuk.
Untuk pencucian, gunakan deterjen cuci premium dan bersihkan rangka dan kusen pintu dengan tangan. Pastikan untuk membersihkan bekas jamur pada lantai atau akan menimbulkan goresan pada cat.
Setelah pencucian, keringkan dengan tangan dibandingkan menunggunya kering dengan udara. Hal ini akan menghindarkan adanya noda air muncul dari bodi kendaraan yang baru saja dicuci.
2.    Claying
Permukaan kasar mobil yang terkontaminasi, sulit untuk dibersihkan dengan pencucian air.
Setelah pencucian menyeluruh, beberapa partikel debu dan noda biasanya tetap dapat tinggal di bodi mobil Anda. Untuk menghilangkannya, detailing clay muncul dalam bentuk yang sangat praktis.
Untuk itu detailing clay dapat digunakan dan membantu untuk membersihkan tiap partikel debu dan mengisi ketidaksempurnaan kendaraan dalam sekejap. Claying menghasilkan sebuah permukaan yang halus, dan siap dipoles dan memaksimalkan efek sesi wax-and-polish pada tahap selanjutnya.

mobil
3.    Memoles
Setelah pencucian dan claying, mobil Anda mungkin terlihat bersih namun kurang berkilau dan bercahaya. Untuk itu memoles adalah proses menggunakan substansi abrasif untuk menghilangkan lapisan yang sangat tipis pada bagian terluar cat, yang biasanya paling rusak.
Proses pemolesan ini membuat lapisan di bawah bersinar ke permukaan. Dengan beragam alat poles yang tersedia di pasaran, Anda dapat melakukan tugas ini dengan mudah di rumah.
Tapi jika Anda memerlukan sentuhan profesional menggunakan mesin buffing, disarankan untuk membawa mobil ke tenaga profesional. Jika pun memoles di rumah, disarankan untuk melakukannya dengan tiga tahap pemolesan:
•    Pertama, polesan yang agresif untuk menghilangkan goresan pada permukaan kasar
•    Kedua, polesan yang lebih lembut dengan tenaga medium untuk menghilangkan goresan biasa dan ketidaksempurnaan
•    Ketiga, Anda harus menggunakan poles yang sangat halus dan lembut yang diperuntukkan mempertegas yang sudah dicapai oleh keseluruhan proses pemolesan
salon mobil
4.    Waxing
Memoles membantu Anda untuk memperlihatkan lapisan berkilau cat dan membuat mobil Anda terlihat baru, tapi untuk mempertahankan hasil yang maksimal dalam waktu yang lama, waxing wajib dilakukan.
Tujuan utama dari waxing adalah untuk menciptakan lapisan protektif pada mobil yang telah dipoles-sempurna, permukaan yang berkilau dan melindungi kilaunya menjadi hilang karena faktor-faktor seperti kontak langsung dengan cahaya matahari, debu dan kotoran, goresan dan hujan.
Anda dapat menemukan waxing dengan mudah pada toko otomotif mana saja, tapi hindari penggunaan produk “2in1” yang mengklaim memberikan dua tujuan sekaligus yaitu poles dan wax. Belilah dua produk yang berbeda.
Selain itu, dibanding membiarkan wax yang diaplikasikan pada permukaan dalam waktu yang lama, bersihkan permukaannya setelah beberapa menit karena akan membutuhkan usaha yang lebih sedikit dengan hasil yang lebih tahan lama.