Dari mana asal Burger?

Dari mana asal Burger?

STORY BEHIND: Dari Manakah Asal Burger?

Rasa roti yang lembut, sayuran segar dan daging gurih membuat burger disukai banyak orang. Meski dikenal sebagai makanan Amerika, namun tak banyak yang tahu kisah dibalik penemuan dua tumpuk roti berisi daging ini.

Ada banyak kisah tentang penemuan hamburger. Salah satunya menyebutkan hamburger pertama berasal dari Hamburg, Jerman. Kata ‘hamburger’ memang terinspirasi dari Hamburg. Banyak orang dari Hamburg melakukan emigrasi ke Amerika Serikat. Hal ini serupa dengan frankfurter dan wiener, nama jenis sosis yang terinspirasi kota Frankfurt dan Wina.

Di akhir abad 19, di Hamburg terdapat Hamburg steak dari daging cincang panggang yang dimasak dengan bawang bombay dan tepung roti. Hamburg steak dianggap sebagai pendahulu lahirnya hamburger. Adapun kata ‘burger’ merupakan kependekan dari ‘hamburger’. Burger juga dijadikan istilah untuk daging patty, terutama di Inggris yang jarang memakai kata ‘patty’ untuk menyebut cincangan daging berbentuk bulat untuk hamburger. Istilah ini bisa diawali dengan jenis daging yang dipakai seperti chicken burger, beef burger, veggie burger dan lainnya.

Perdebatan muncul mengenai pembuat hamburger pertama. Salah satu yang terkenal adalah buatan Louis Lassen di Amerika Serikat pada tahun 1900. Imigran Denmark itu secara resmi disebut sebagai pembuat hamburger pertama oleh Library of Congress, perpustakaan penelitian yang melayani kongrges Amerika Serikat. Louis mempunyai restoran steak ‘Louis’ Lunch’ di New Haven, Connecticut yang menjual hamburger pertama di Amerika. Kisah pembuatannya bermula saat seorang pelanggan meminta makanan hangat dan cepat, namun saat itu Louis kehabisan steak. Ia mengambil daging cincang lalu membuat patty dan memanggangnya. Patty itu lalu ditempatkan di antara dua potong roti panggang. Makanan tersebut awalnya tak ada nama, sampai pelaut-pelaut memberi nama Hamburg beberapa tahun kemudian. Kini Louis’ Lunch masih melayani hamburger persis seperti dibuat lebih dari 100 tahun lalu.

Selain Louis Lussen, ada banyak orang yang mengklaim sebagai pembuat hamburger pertama. Di antaranya adalah Charlie Nagreen, Frank dan Charles Menches, Oscar Weber Bilby, dan Fletcher David. Ada pula White Castle yang melakukan penelusuran asal hamburger hingga ke kota Hamburg. Ia menyebut hamburger dibuat pertama kali oleh Otto Kuase di Jerman. Pada tahun 1891, Otto membuat patty daging yang dimasak bersama mentega dan diberi telur dadar di atasnya. Pelaut Jerman biasanya menyingkirkan telur dadar itu. Meski banyak klaim, tak ada kesimpulan akhir dari klaim-klaim tersebut. Hamburger sendiri mendapat pengakuan secara nasional di Amerika saat berlangsungnya St. Louis World’s Fair di tahun 1904. Sandwich ini disebut inovasi dari vendor makanan.