LAUK KERING


Agar Lauk Kering Awet
Memasak lauk kering tentu salah satu tips untuk meringankan tugas Anda ketika Anda tak punya banyak waktu untuk memasak. Akan tetapi, pengolahan dan penyimpanan yang tidak tepat akan membuat lauk kering basi. Nah, agar hal ini tidak sampai terjadi, mengutip dari female.kompas.com, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Apa saja?


Minyak baru
Tempe, dendeng, serundeng, kentang, atau ikan teri adalah beberapa bahan utama lauk kering. Nah, apa pun bahan utama yang Anda pakai, gorenglah lauk kering sampai kering, dan selalu gunakan minyak goreng baru. Setelah matang, tiriskan sisa minyak hingga tuntas. Lalu, campurkan bahan dasar dengan bumbu yang sudah disiapkan hingga bumbu tidak basah. Jika sudah benar-benar tercampur rata dan kering, angkat wajan dan biarkan beberapa saat hingga lauk dingin.


Tutup rapat
Jika lauk sudah dingin, masukkan ke dalam wadah lalu tutup rapat dan simpan dalam suhu ruang. Gunakan wadah penyimpanan lauk dari plastik yang berkualitas bagus seperti kaca atau keramik. Pastikan juga wadah kering dan bersih. Jangan membuka tutup wadah atau menaruhnya di tempat yang terkena sinar matahari. Pasalnya, panas yang mengenai wadah akan meningkatkan kelembaban udara sehingga lauk tidak renyah lagi.


Sendok bersih
Menggunakan tangan kosong saat mengambil lauk akan membuatnya basi. Oleh karena itu, gunakan sendok kering dan bersih. Jangan memakai sendok kotor sebab bakteri pada sendok bisa berpindah ke lauk kering dan menyebabkan lauk mudah bau dan berjamur. Air yang masuk ke dalam wadah juga akan memengaruhi kualitas lauk kering. Lauk kering juga bisa disantap terpisah dari wadahnya. Caranya, ambil sesuai porsi yang diinginkan lalu panaskan lauk kering dengan wajan antilengket di atas api kecil selama lima menit atau hingga makanan mengeluarkan uap panas.

 

Jika Anda mengikuti aturan di atas, lauk kering tetap aman dan enak disantap hingga dua minggu. Anda juga bisa membuat lauk kering lebih awet dengan menggunakan aluminium foil sebagai pembungkus, lalu simpan di dalam lemari es agar minyak membeku dan tidak lekas berbau. Untuk menghidangkannya lagi, panaskan lauk kering di dalam microwave agar kembali kering dan renyah.